Rabu, November 19, 2008

Tulisan yang Baik Adalah... (Bag 2)



5. Memaparkan ide, konsep, gagasan, atau hasil perenungan yang bermanfaat bagi khalayak umum.
Ide, konsep atau gagasan bisa kita petik dari siapa pun dan dari sumber apapun. Atau bisa juga semua ide, gagasan atau konsep yang sudah kita baca kemudia direnungkan secara dialektis untuk kemudian melahirkan ide atau konsep yang baru. Jangan sekali-kali menjadi plagiat. Kita harus jujur dengan ide, gagasan atau konsep yang dikemukakan. Kalau ide, gagasan atau konsep itu "milik" orang lain maka kita wajib mencantumkan siapa "pemilik" ide tersebut, dan mencantumkan sumbernya. Sedangkan ukuran bermanfaat atau tidaknya bagi pembaca akan ditentukan oleh sebarapa luas wawasan kita dalam memahami persoaln sosial kemsayrakatan.

6. Penulisnya menguasai betul persoalan yang hendak ditulis.
Yang dimaksud dengan "menguasai betul persoalan yang hendak ditulis" adalah seorang penulis hendaknya memiliki referensi yang komperhensif tentang persoalan yang akan diangkat ke dalam tulisan. sehingga tulisan yang dibuat memiliki bobot yang memadai sebagai sebuah bentuk kontribusi dari penulis bagi para pembaca. Dalam arti lain, penulis sebisa mungkin harus menyajikan sebuah tulisan yang tidak akan mengundang sinisme pembaca.
Apabila kita memiliki latar belakang pendidikan di bidang kesehatan maka alangkah baiknya kita menulis di seputar kesehatan. Bukan saja kredibilitas tulisan akan terjaga melainkan juga kita akan semakin dituntut untuk berkonsentrasi di bidang yang kita kuasai. Kian lama kita menjadi seorang yang ahli di bidang kesehatan, sehingga redaktur akan semakin mengenal tulisan kita.

7. Menarik, runut, dialektis, argumentif, obyektif
Menarik, artinya menceritakan sebuah kesan bagi pembaca bahwa tulisan yang dibuat adalah sesuatu yang layak untuk dibaca. Runut, artinya tulisan harus dibuat secara sistematis dengan metedologi yang mudah dicerna oleh para pembaca. Argumentatif, artinya sebuah tulisan tidak dimuati oleh asumsi-asumsi yang belum teruju, melainkan berdasarkan argumentasi atau alasan-alasan logis yang dapat "diterima" oleh akal sehat. Obyektif, artinya tulisan yang dibuat tidak berdasarkan nilai kebenaran versi si penulis semata. Sedapat mungkin harus menghindarkan diri dari unsur-unsur subyektivisme. Dengan demikian, tulisan kita bukan untuk saja menarik dan enak untuk dibaca melainkan juga isinya bisa dipertanggungjawabkan, baik secara moral maupun secara intelektual

8 Makna atau pesan dalam tulisan harus "sampai" kepada para pembaca..
Tulisan yang baik adalah tulisan yang dapat mentransformasikan pesan-pesan yang ada di dalam tulisan menjadi sampai kepada para pembaca. Dalam hal ini, bahasa yang digunakan harus mudah dipahami dan mudah dicerna oleh para pembaca. Jangan sekali-kali, seorang penulis, beranggapan bahwa pola pikirnya sama dengan pola pikir para pembaca. Sedapat mungkin seorang penulis mampu membaca peta pola pikir para pembaca dari masing-masing media. Paling tidak, pola pikir anak muda (ABG) tentu berbeda dengan pola pikir manusia setengah baya, dan seterusnya. Jadi, tulisan yang kita buat harus disesuaikan dengan siapa yang akan membaca tulisannya.

9. Untuk penulisan kata-kata asing sebaiknya disertai penjelasan
Kata-kata asing biasanya ditulis miring dalam kurung. usahakan sebisa mungkin untuk tidak terlalu banyak menggunakan istilah-istilah asing. Kendati demikian, pnggunaan kata-kata asing memang tidak apa-apa selain hal ini diperlukan agar tifak terjadi salah tafsir para pembaca. Dalam penulisan bahasa Indonesia lazimnya kata-kata atau istilah asing disimpan dalam kurung dengan cetak miring. Misalnya : massa mengambang (floating mass)

10. Memahami gaya bahasa yang dikembangkan sebuah media massa.
Jika kita hendak mengirimkan sebuah tulisan kepada salah satu media massa, harus memperhatikan betul karakter dan gaya bahasa yang digunakan oleh media tersebut. Gaya bahasa majalah remaja, tentu berbeda dengan gaya bahasa majalah umum. Gaya bahasa TEMPO, Femina, Gadis tentu berbeda. begitu juga dengan gaya bahasa KOMPAS atau Pikiran Rakyat

Tidak ada komentar: